SELAMAT DATANG RESESI ATAU RESEPSI

Dua kata dia atas kalau kita ucapkan dengan cepat kebanyakan orang Indonesia akan memaknai ada Undangan Pesta (RESEPSI) karena kata tersebutlah yang umum kita dengar daripada kata RESESI.

Namun sejak akhir tahun 2008i kata RESESI menjadi lebih kesohor dari pada kata RESEPSI, karena lebih banyak orang yang menunda RESEPSI dikarenakan adanya RESESI, sehingga rating kata RESESI lebih tinggi (seperti sinetron2 di TV) dalam arti lebih banyak diucapkan dari kata RESEPSI.

Lalu kenapa kata RESESI lebih banyak diucapkan dari pada kata RESEPSI hal ini tidak lepas dari kondisi perekonomian dunia yang sedang letoy alias RESESI sehingga RESEPSI ditunda sampai perekonomian “greng” lagi alias bertumbuh.

Apa sebenarnya penyebab utama RESESI kali ini, banyak pakar mengatakan bahwa RESESI kali ini dipicu oleh Krisis Keuangan di Amerika Serikat sehingga menyebabkan Raksasa Industri Dunia tersebut menarik seluruh investasinya di Negara-Negara lain jadilah krisisnya menjadi mendunia/global termasuk di Indonesia yang diistilahkan RESESI. Dengan ditariknya dana-dana yang ada menjadikan likuiditas keuangan di seluruh institusi keuangan terganggu dan akhirnya memberikan efek domino bagi seluruh sector bisnis baik jasa, consumer goods dan industrial goods yang dikarenakan oleh tidak adanya likuiditas (uang) yang bisa dipakai untuk belanja (investasi) kalaupun ada diperoleh dengan suku bunga (cost) yang sangat tinggi.

Lalu kita (INTA) yang bergerak dalam bisnis JASA ALAT BERAT (kita lebih senang menyebut diri kita sebagai SOLUTION PROVIDER) seperti apa? Tidak dipungkiri hal ini juga sangat berpengaruh terhadap bisnis tersebut karena dengan nilai Capital yang tinggi dari barang modal yang kita jual menjadikan sangat jarang customer yang membeli cash sehingga customer membutuhkan Institusi Keuangan (Bank/leasing) untuk membiayai investasinya.

Trus, bagaimana apakah kita akan ikut RESEPSI atau RESESI!!!! Yang pasti sebagai orang yang ber-iman dan warga INTA apalagi warga Indonesia harus kita yakini akan ikut acara RESEPSI karena kata itulah yang lebih kita kenal dari pada RESESI. Namun pasti banyak orang yang akan mengatakan IMPOSSIBLE dalam suasana RESESI seperti ini, untuk hal itu harus ada suatu PLATFORM/Landasan agar menjadi I’M POSSIBLE untuk ikut RESEPSI.

Kita di sales division INTA telah membuat PLATFORM tersebut yang kita istilahkan SMART. Apa itu SMART???? S adalah Structuring our sales competency dimana kita perlu memperkuat competency sales people kita untuk menjadi HUNTER bukan FARMER. Yang dimaksud HUNTER disini adalah salesman INTA harus menjadi pemburu customer2 qualified, jangan hanya memburu customer2 yang tidak jelas project dan pendanaannya apalagi hanya berdiam diri (farmer) menunggu customer datang. Dari sisi managerial, baik sales manager maupun product manager saling cover pekerjaan, jika product manager ke suatu daerah bisa berfungsi sebagai sales manager juga begitu sebaliknya. Kedua adalah M è Managing Efficiency and Effectiveness maksudnya adalah dengan keterbatasan waktu yang dimiliki seseorang salesman harus effisien (tahu potensial customer yang ada di wilayahnya) dan harus efektif (setiap customer yang ditemui salesman harus bisa dimengerti apa yang mereka inginkan dan lebih luas lagi dicreate demand yang belum diinformasikan). Ketiga adalah A è Accelerate our productivity artinya dengan bekerja yang effisien dan efektif saja belum cukup untuk mendapatkan RESEPSI di akhir tahun namun harus kita accelerate/dipercepat produktivitas kita, artinya semua hal harus segera diputuskan apapun konsekuensinya dengan landasan produktifitas meningkat. Keemat R è Reframe our Resources, mari kita kenali resources2 yang ada disekeliling kita baik eksternal è potensial customer, VFI,network dll. Ataupun Internal è service, parts, IBF, afiliasi dan lainnya yang mana sumber daya2 tersebut kita manfaatkan untuk dapat menjadi synergi yang nyata. Kelima T è Translate our Target Become Sales, dengan telah ditetapkan target-target yang kita buat sendiri wujudkanlah menjadi suatu kenyataan (Sales) dan didukung oleh resources kita (parts, service and finance) menjadi-kan customer puas dan tumbuh (growth).

Kalau PLATFORM tersebut kita gunakan menembus badai RESESI yang ada, kita yakin RESEPSI tidak perlu ditunda-tunda lagi namun akan kita nikmati.

Selamat datang RESEPSI aku tak kenal RESESI.

Salam

Sukosarono Jan’09

One Response to “SELAMAT DATANG RESESI ATAU RESEPSI”

  1. It’s Good, very Good..

    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: